Follow by Email

5 Tanaman Bunga Cantik Pengusir Nyamuk

Ingin mengusir nyamuk di musim penghujan ini? Atau memang daerah anda terkenal sebagai sarang nyamuk? Merasa sudah bosan dan tidak mau memakai pestisida namun juga ingin sesuatu yang sekaligus mampu mempercantik rumah maupun kebun, maka jawabannya adalah lima tanaman bunga ini.

1. Lavender.

Nggak afdol rasanya kalau belum menyebutkan lavender sebagai tanaman bunga pengusir nyamuk. Tanaman yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk berbunga ini sudah terkenal ampuh sebagai pengusir nyamuk, bunganya yang berwarna ungu pun terbilang cantik dan mampu menjadikan lavender sebagai tanaman hias serba guna. 

Bunga ini aslinya berasal dari pegunungan swiss namun bisa tumbuh di Indonesia dan umumnya tumbuh subur di dataran tinggi. Bunga lavender memiliki kandungan lynalyl acetate yang membuat lavender mengeluarkan bau yang dibenci nyamuk.

2. Tapak Dara

Bunga tapak dara sudah dikenal secara luas di Indonesia namun belum banyak yang mengetahui kalau bunga ini memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Berkat kandungan geraniol dan sitronelol bunga tapak dara memiliki bau yang dibenci nyamuk.  Satu lagi keuntungan dua zat ini adalah mampu menyebar dengan cepat jadi untuk mengusir nyamuk dalam ruangan cukup dengan menaruh satu pot bunga tapak dara.

Pada umumnya bunga tapak dara mempunyai dua jenis warna bunga yakni merah dan putih, selain mampu mengusir nyamuk, tapak dara pun banyak dimanfaatkan untuk berbagai penyakit dan termasuk ke dalam tanaman herbal.

3. Rosemary

Kalau dilihat sepintas tanaman yang berasal dari afrika ini seperti semak belukar namun ketika berbunga rosemary akan menunjukan bungan ungu yang cantik. Uniknya bunga ini memiliki bau yang mirip sekali dengan minyak kayu putih, hingga tidak heran kalau nyamuk amat membenci rosemary. 

Rosemary bisa ditanam dalam pot hingga praktis untuk ditaruh di dalam ruangan namun jika ingin menanam di kebun harap diperhatikan kalau rosemary tidak bisa tumbuh dilingkungan yang sering terkena air. Rosemary biasanya tumbuh di lingkungan yang kering dan jarang hujan serta harus selalu terkena matahari. 

Selain bunganya yang mampu mengusir nyamuk, anda pun bisa mengoleskan daun rosemary sebagai lotion pengusir  nyamuk.

4. Kecombrang 

Anda mungkin kurang kenal dengan nama kecombrang namun kalau melihat bentuknya pasti hapal betul, tanaman kecombrang termasuk populer di Indonesia sebab banyak digunakan sebagai rempah-rempah pelengkap masakan. Selain untuk pelengkap masakan kecombrang pun ampuh sebagai sebagai pengusir nyamuk sebab bunga kecombrang memiliki bau yang tidak disukai nyamuk. 

Cara menanam kecombrang pun terbilang mudah sebab tidak membutuhkan banyak perawatan, kecombrang mampu dengan mudah tumbuh di pekarangan, bentuknya yang ramping memanjang membuat kecombrang banyak sekali digunakan sebagai tanaman hias. Biasanya untuk mengusir nyamuk di dalam ruangan, bungan kecombrang akan dipotong terlebih dahulu sebelum ditaruh dalam pot berisi air.

5. Marigold

Marigold menyandang status sebagai tanaman bunga pengusir nyamuk paling cantik. Bunga yang merasal dari benua amerika latin ini mengeluarkan bau yang mampu mengusir nyamuk ketika berbunga. Marigold termasuk tanaman bunga yang lumayan sulit untuk ditumbuhkan sebab membutuhkan perawatan seperti pupuk dan  penyiaman berkala yang rutin. 

Untungnya marigold ketika sudah berumur dengan sendirinya akan menjatuhkan bibitnya sehingga nantinya akan tumbuh tanaman baru. Kendati sulit ditemukan marigold justru terkenal di beberapa daerah sebagai bungan tahi ayam sebab warnanya yang mirip dengan tahi ayam. 

No comments:

Post a Comment

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive