Follow by Email

Cara Menanam Bayam Di Kebun Rumah


Bayam merupakan salah satu sayuran yang paling sering digunakan dalam masakan sehari-hari, oleh karena itu bayam wajib dijadikan sebagai salah satu sayuran yang berada di kebun rumah. Tanaman ini berbentuk perdu atau semak. Tanaman dengan nama latin Amaranthus sp memiliki banyak jenisnya, salah satu jenis yang terkenal paling enak yakni bayam Belanda namun sayangnya bayam jenis ini tidak cocok untuk ditanam di kebun rumah. Biasanya yang ditanam oleh orang banyak adalah bayam hybridus ataupun bayam sekul.

Tanam Bayam Di Kebun

Untungnya bayam bukan jenis tanaman rewel sebab dapat tumbuh sepajang tahun. Baik di dataran rendah maupun tinggi.  Bayam dapat tumbuh dengan sangat baik apa bila tanah di kebun kita berkisar 6-7 PH bila kurang bayam akan kerdil dan bila lebih maka daun bayam akan berwarna kekuningan.

Cara Tanam

Bayam dikembakbiakan dengan bijinya. Sebelum menanam di tanah biji bayam disebai terlebih dahulu.

Tanah yang akan dimasukan biji harus digali sedalam 20-30cm, kemudian diberi pupuk kompos secukupnya. Jangan lupa kalau ingin menanam bayam harus diberi jarak antara baris lubang.


Biji bayam akan mulai nampak setelah 3-5 hari. Jangan lupa untuk terus memberi pupuk dan memperhatikan ada tidaknya hama. Dalam dua minggu tanaman bayam ini sudah terlihat hasilnya. Bayam siap panen dalam waktu satu bulan, biasanya tinggal dicabut saja daun-daun namun umumnya bayam dijual cabutan satu tanaman utuh. Tapi untuk konsumsi pribadi baiknya anda hanya mengambil daun-daunnya saja sesuai kebutuhan, sebab daun bayam akan tumbuh kembali hingga bisa dipanen lagi.

No comments:

Post a Comment

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive