Follow by Email

Cara Menanam Selada Di Kebun Rumah


Selada merupakan salah satu sayuran yang tidak bisa dipisahkan dari makanan, sebab selain mempunyai fungsi sebagai barang konsumsi, selada pun kerap digunakan sebagai hiasan makanan. Selada sendiri merupakan tanaman composite berbentuk rumput atau semak dengan akan tunggang. Tanaman selada yang biasa ditanam merupakan jenis selada mentega, tertutup dan potong.

Tanam Selada Di Kebun

Tanaman selada bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun rendah. Biasanya selada yang ditanam bukan di dataran tinggi krop bunganya kecil. Salah satu sarat penting agar selada bisa tumbuh di kebun rumah adalah tanahnya tidak boleh ada pasir maupun lumpur, dengan derajat keasaman Ph 5 serta suhu udara yang sedang antara 15-20 derajat. Satu lagi selada adalah tanaman yang membutuhkan banyak air, jadi waktu paling baik bertanam adalah ketika musim hujan.

Cara Tanam

Selada termasuk tanaman yang dikembangbiakan dengan bijinya. Tanah yang akan ditanam dicangkul sedalam 20-30cm, kemudian di beri pupuk secukupnya setiap lubang. Jika ingin menanam dengan jumlah banyak usahakan setiap baris lubang harus berjarak lumayan jauh.

Biji-biji selada bisa ditanam tanpa harus disemai terlebih dahulu. Biji-biji yang sudah ditanam akan terlihat tumbuh setelah 5 hari. Setelah berumur satu bulan harap diperhatikan untuk selalu membersihkan selada dari tanaman lain di sekitarnya seperti rumput maupun bibit yang telat tumbuh.
Selada ini juga merupakan tanaman yang lumayan rawan terkena penyakit selama masa pertumbuhan.  Selain gampang busuk selada pun sering kali mengundang banyak kutu-kutu.

Selada bisa dipenen setelah berusia 2 sampai 2,5 bulan.

No comments:

Post a Comment

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive