Follow by Email

Ide Desain Kandang Ayam Untuk Di Halaman Rumah

Bagi anda yang berminat memanfaatkan halaman atau kebun rumah untuk memelihara ayam pastinya harus membuat kandang. Tetapi dalam banyak kasus kandang ayam justru malah membuat halaman dan kebun anda rusak, tidak hanya dari kotoran dan bau saja namun juga dari segi estetika, sebuah kandang ayam sering kali membuat rumah terlihat kumuh. 

Lalu bagaimana agar kandang ayam tidak membuat rumah terlihat kumuh dan kotor? Malah mampu menambah kesan cantik rumah. Kuncinya ada pada desain  kandang ayam itu sendiri, kebanyakan orang membuat kandang ayam yang ala kadarnya sehingga tidak cocok dengan keberadaan rumah. Kali ini rumah dan kebun akan memberikan ide desain kandang ayam yang tidak akan membuat rumah anda terlihat seperti diperkampungan kumuh.



Ketika anda akan membuat kandang ayam hendaknya sudah mempersiapkan dengan rencana, seperti jenis ayam apa yang akan dipelihara serta berapa banyak. Dalam kasus ini karena berada di halaman maka jumlah maksimal ayan yang bisa dipelihara tidak lebih dari lima ekor, sebab untuk mengindari polusi akibat kotoran dan tentunya anda ingin peliharaan bukan peternakan.


Kandang ayam ini haruslah mempunyai teras, agar nantinya ayam anda bisa keluar dan mendapat udara segar sekaligus berjalan-jalan. Lalu ketika malam, ayan-ayam bisa dengan tenang masuk ke dalam kandang. Pembuatan kandang ayam dengan dua jenis ruangan ini, bukan hanya berguna bagi ayam namun juga bagi anda. Sebab ayam tidak mudah terserang penyakit, kedinginan atau diserang kucing.

Yang perlu diingat adalah alas kandang, banyak menghiraukan ini dengan membiarkan alas kandang berupa tanah. Alas kandang tanah akan cepat kotor jika terkena kotoran ayam dan sering kali mengundang banyak penyakit. Belum lagi membersihkan kandang dengan alas tanah sulit karena ketika disiram atau disapu, justru akan memperkeruh keadaan. Tanah yang becek dan banyak kotoran ayam amat sangat berpotensi mengundang penyakit. Jika kandang ayam anda beton atau semen, tinggal disemprot air saja, sekali ingat jumlah ayam yang dipelihara.


Kandang ayam pun tidak boleh tertutup sebab setiap bagian termasuk ruang dalam harus bisa dibersihkan, ingat ayam bukanlah hewan yang bisa bersih-bersih atau membuang kotoran di satu tempat saja. 


Membuat ruang tidur atau bertelur akan memudahkan anda untuk mengambil telur, kalau memang anda memelihara ayam jenis petelur. 


Nah, sudah saatnya memperhatikan sisi estetika dalam membuat kandang ayam. Jangan asal atau sebuah kandang ayam bisa merusak tampilan keseluruhan rumah, menarik rumah anda dari cantik  menjadi terlihat kumuh.

1 comment:

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive