Follow by Email

Kenapa Rumah Terasa Panas?



Ini merupakan masalah klasik zaman sekarang, padahal sudah malam hari dan nggak panas tapi kok rungan masih terasa panas ya? Selama ini mungkin anda tidak tahu kalau salah satu biang kerok kenapa ruangan terasa panas adalah karena bahan pembuat ruangan tersebut.

Sekarang coba ingat-ingat ruangan anda dibuat dari batu bata apa? Kalau dibuat dari batu bata putih seperti banyak digunakan di perumahan perumnas dan subsidi maka wajar jika ruangan anda terasa panas sepanjang waktu.


Kenapa bisa begitu? Dan apa hubungan antara panas dengan batu bata putih? Sepanjang siang hari tempat tinggal kita akan disinari matahari dan umumnya rumah dengan tembok dari batu bata putih akan menyerap panas bukan memantulkan panas seperti batu bata merah. Batu bata putih menyerap panas selama pagi dan siang hari lalu ketika malam akan dilepaskan. Itulah penyebab mengapa ruangan walau tidak siang hari tetap akan terasa panas dan gerah.

Anda mungkin bertanya penyebab batu bata putih menyimpan panas sedang nbatu bata merah tidak? Terus terang sata tidak tahu penyebanya namun anda bisa membuat satu penelitian kecil. Yakni, taruh batu bata putih dan batu bata merah sepanjang hari di bawah terik matahari. Kemudian setelah sore anda belah atau lubangi keduanya, lalu masukan jari anda. Maka anda akan bisa merasakan panas yang terjebak di dalam batu bata putih sementara batu bata merah sama sekali tidak menyerap panas.


Selain karena batu bata putih, membuat genting dari asbes pun membuat ruangan panas. Sebab asbes sama sekali tidak memantulkan panas bahkan panas bisa dengan mudah melewati asbes dan masuk langsung keruangan kita.   

No comments:

Post a Comment

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive