Follow by Email

Parasit Micro Ini Adalah Ubur-Ubur

Baru-baru ini ilmuwan berhasil menemukan kenyataan bahwa sebuah parasit bernama Myxozoan spores ternyata merupakan sebuah species ubur-ubur. Dengan menggunakan metode pemisahan genome berkali-kali, Myxozoan spores ini hanya memiliki beberapa sel saja, dan hidup di dalam hewan bertulang punggung dan non tulang punggung. Sebenarnya Myxozoan sendiri merupakan bagian dari 2,100 jenis parasit yang biasa disebut "mucus animal"

Hasil penelitian DNA sendiri menyatakan bahwa Myxozoan merupakan bagian dari genus cndarians, yang termasuk dari 10,000 species ubur-ubur seperti anemon dan coral. Struktur Myxozoan sendiri mirip dengan ubur-ubur tanpa mulut dan perut. Namun mereka memilik satu kesamaan yakni sama-sama memiliki sengat yang beracun. 

Sesuai dengan namanya yakni parasit Myxozoan memang tidak selalu membunuh inangnya. Tapi mampu menimbulkan penyakit bagi ikan salmon dan ikan trout. Myxozoan bisa menimbulkan penyakit yang bernama "whirling desease" yakni kerusakan saraf yang mengakibatkan ikan berenang berputar-putar.

Bagaimana pun juga penemuan Myxozoan yang ternyata adalah sebuah ubur-ubur merupakan penemuan sains hebat, dimana terdapat hewan dalam ukuran microscopic yang menjadi parasit bagi hewan lain. 

No comments:

Post a Comment

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive