Follow by Email

Apakah Kebijakan Bayar Kantung Plastik Berhasil?

Sudah beberapa bulan semenjak kebijakan bayar kantung plastik  minimarket diterapkan, lalu bagaimana efeknya apakah berhasil? Dalam skala besar tentu saja kita tidak bisa melihatnya namun dalam skala kecil kita dapat melihatnya. Maksud penulis adalah dalam lingkungan kita sendiri, apakah penggunaan kantung plastik ini berkurang atau tidak? Sejujurnya penulis sendiri sudah lama memakai tas belanja untuk berbelanja di minimarket, waktu itu masih banyak tatapan aneh orang karena bawa kantung sendiri. Sekarang  sudah tidak aneh lagi sebab semakin banyak orang membawa kantung belanja mereka sendiri.


Kembali ke persoalan apakah dalam skala kecil kebijakan membayar kantung plastik ini berhasil? Semenjak diterapkan penulis mulai kesulitan menemukan kantung plastik, sebab sumber kantung plastik terbesar di rumah memang berasal dari belanja minimarket. Dari sini penulis menyadari  seberapa pendek kegunaan kantung plastik ini, sebab kalau mau buang sampah suka bingung dengan tidak adanya kantung plastik. Dengan kata lain kantung plastik ini hanya dipakai ketika membeli dan dipakai untuk membuang sampah saja. Daur hidup kantung plastik rendah sementara waktu yang dibutuhkan untuk hancur terurai lama sekitar dua tahun, itupun kalau kantung plastik yang ramah lingkungan, sementara yang tidak bisa sampai 100 tahun. Kegunaan bagi manusia sangat minim sementara kerusakan bagi lingkungan sangat besar.

Sebenarnya Kantung Plastik Ramah Lingkungan Itu Tidak Ada

Sebenarnya kantung plastik minimarket itu sudah ramah lingkungan loh, artinya bisa terurai dalam jangka waktu dua tahun saja. Akan tetapi terurai dalam waktu dua tahun itu tergantung keadaan, sementara banyak tempat dimana kantung plastik ramah lingkungan atau plastik Oxium tidak bisa memenuhi keadaan supaya plastik Oxium bisa terurai. Sehingga setelah dua tahun pun serpihan-serpihan kantung plastik ini masih mengerayangi bumi.

Apa Harus Setuju Bayar 200 Untuk Sebuah Kantung Plastik?

Sebenarnya kebijakan ini harusnya diterapkan dari lima bahkan sepuluh tahun lalu, bahkan di Negara-negara berkembang seperti Amerika, Perancis dan Jerman. Anda bisa kena denda ratusan ribu bahkan jutaan, kalau sampai ketahuan belanja dengan kantung plastik tidak ramah lingkungan. 
Membayar 200 rupiah merupakan kebijakan paling gampang dan rendah dibanding negara-negara lain Lagi pula apa susahnya membawa kantung belanja sendiri? Penulis yakin di rumah banyak sekali kantung atau tas yang tidak terpakai.

Lalu mengapa hanya kantung plastik dari minimarket saja? Seperti yang susah saya tulis di atas, di rumah semua kantung plastik berasal dari belanja di minimarket. Rata-rata perumahan berbelanja di minimarket bukan pasar tradisional. Walaupun keluarga yang berbelanja dalam skala besar di Carrefour masih terlihat malas membawa kantung belanja sendiri.

Jadi Apakah Kebijakan Membayar Kantung Plastik Ini Berhasil?

Dalam skala kecil seperti keluarga, kebijakan membayar kantung plastik ini berhasil, bahkan di komplek saja sudah hampir tidak terlihat lagi kantung plastik hasil belanja minimarket. Sekarang semua sampah di komplek berbungkus kantung plastik tradisional (iya sedih karena tetap kantung plastik) walaupun mungkin hanya mengurangi 1% saja tapi bagi lingkungan ini amat sangat berarti.


Kedepannya kebijakan kantung plastik harus lebih diperketat, sebab sebenarnya kita tidak butuh kantung plastik yang masa penggunaannya pendek sekali. Jangan protes untuk kebijakan kantung plastik ini, sebab setelah semua yang bumi beri untuk kita masa masih mau prostes hanya dengan berhenti memakai kantung plastik? Cuma hal ini loh yang bisa anda lakukan bagi lingkungan!  

1 comment:

click for my profile

Klik For Support

Powered by Blogger.

.

Viva ID

statistics

Facebook Page

Blog Archive